INFORMASI,SEMOGA BERMANFAAT

Photobucket

Senin, 01 Oktober 2012

Lomba Cerpen 2012


Lomba Cipta Cerpen 2012

Tema: “Aku, Cinta, dan Indonesia”
Dalam rangka untuk menumbuhkan kecintaan pada tanah air, memberi ruang untuk menuangkan pemaknaan cinta positif, menyelami ke-Indonesia-an, dan untuk menyemarakkan dunia kesusastraan di Nusantara, Nirtara Foundation menggelar Lomba Cipta Cerpen 2012 dengan tema “Aku, Cinta, dan Indonesia”.

Ketentuan & Prosedur:
  1. Lomba terbuka untuk warga negara Indonesia, baik yang berdomisili di tanah air maupun di luar negeri, berusia antara 12 sampai 60 tahun yang terbagi dalam Kategori Pelajar/Mahasiswa (KPM) dan Kategori Umum (KUM).
  2. Karya harus asli/original, ciptaan sendiri, bukan karya terjemahan/saduran, dan belum pernah dipublikasikan atau pernah diikutsertakan dan memenangi kompetisi yang sejenis.
  3. Tema karya mengeksplorasi khazanah ke-Indonesia-an dengan segala dimensinya, dari  pendidikan, agama, politik, sejarah, diplomasi, pariwisata, nasionalisme, seni, kebudayaan, atau kehidupan sosial sehari-hari yang diharapkan menciptakan motivasi dan inspirasi bagi masyarakat Indonesia secara luas.
  4. Peserta boleh mengirimkan karya lebih dari satu, dengan batasan maksimal 2 judul
  5. Karya cerpen yang dikirim ditulis dalam format A4 (kwarto) dengan page-setup 3-3-3-3 cm, dengan pilihan font times new roman, ukuran font 12, jumlah halaman antara 4 sampai 10 halaman, dan spasi ganda.
  6. Karya dikirimkan melalui e-mail dalam format ‘word/doc’ ke alamat: lomba_nirtara@yahoo.com, sebelum tanggal batas akhir penerimaan pada 31 Oktober 2012 (pukul 24.00 WIB). Format penulisan file karya ditulis dalam huruf besar (kapital) dengan pola: kategori, spasi, nama pengirim, spasi, judul cerpen. Contoh: KPM ANDI ARDIANSYAH NYANYIAN BUKIT CIBEO   
  7. Di bagian akhir cerpen dituliskan riwayat hidup singkat dalam gaya naratif maksimal 200 kata serta alamat dan nomor kontak yang bisa dihubungi. (Lampirkan juga identitas diri seperti, kartu pelajar/mahasiswa/KTP/SIM/paspor yang masih berlaku dalam bentuk file JPEG/JPG, sebagai penunjang riwayat hidup singkat)
  8. Peserta dikenakan biaya administrasi dan partisipasi sebesar Rp. 30.000,-, via metode transfer bank ke nomor rekening: 138-00-0762675-2 Bank Mandiri Slamet Riyadi, a.n. Dwi Wahyuni. Bukti hasil scanatau pindaian transfer dalam format JPEG/JPG dikirimkan menyertai naskah cerpen.   
  9. Keputusan komite juri adalah mutlak tidak dapat diganggu gugat, dan pihak komite juri berwenang membatalkan keikutsertaan peserta bila tidak memenuhi kriteria yang telah ditetapkan oleh penyelenggara.
  10. Pemenang lomba akan dipublikasikan melalui media massa pada akhir bulan Desember 2012 dan pemenang akan dihubungi oleh pihak penyelenggara. Pajak pemenang ditanggung oleh panitia penyelenggara.
Hadiah:

(Untuk Kategori Umum)
Juara I            : Uang Rp. 8.000.000,- dan sertifikat
Juara II          : Uang Rp. 5.000.000,- dan sertifikat
Juara III         : Uang Rp. 4.000.000,- dan sertifikat

(Untuk Kategori Pelajar/Mahasiswa)
Juara I            : Uang Rp. 5.000.000,- dan sertifikat
Juara II          : Uang Rp. 3.000.000,- dan sertifikat
Juara III         : Uang Rp. 2.000.000,- dan sertifikat

* Akan dipilih satu pemenang Honorable Mention dengan hadiah sebesar Rp. 3.000.000,- dan sertifikat dari semua peserta dari kedua kategori kepesertaan.

Kriteria:Originalitas, kesesuaian tematik, unsur inspirasionalitas, daya pencerahan, kebaruan gaya, kekuatan kata (the power of words), dan inovasi litera.

Juri:
Praktisi dan akademisi sastra

Lomba Cipta Cerpen 2012 “Aku, Cinta, dan Indonesia” – Nirtara Foundation

“Tebar Inspirasi Indonesia!”

Sumber :
Erwan Ristyantoro  : erwankom@gmail.com

Info Lomba lainnya Klik DISINI

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

INFORMASI, SEMOGA BERMANFAAT